CHANGI DAN SOETTA

.
Bagi yang pernah bertandang ke Singapura, tentu tak asing lagi dengan bandaranya, Changi Airport. Interior bandara di negeri Singa itu ditata apik sehingga menyamankan mata pengunjungnya. Sebagai pintu gerbang masuknya masyarakat mancanegara ke negeri itu, Changi sudah memenuhi syarat sebagai bandara internasional yang lengkap. Segala fasilitas bagi para pengunjung tersedia lengkap dan cukup memudahkan. Petunjuk arah tak membuat pengunjung bingung, mulai dari turun dari tangga pesawat, ambil bagasi di baggage claim, hingga pemeriksaan keimigrasian bisa dilakukan dengan mudah tanpa nyasar, asal Anda cermat membaca petunjuknya.

Selesai paspor dicap petugas imigrasi dan mendapat sapaan, "Welcome to Singapore", Anda akan menemukan berbagai toko menarik di dalam bandara. Bandara Changi bisa dikatakan sebagai sebuah mall besar. Apa saja ada, mulai dari toko makanan, foodcourt, fashion branded, parfume, gadget, buku, entertainment store, music store, electronic store, hingga toko mainan.

Kalau Anda tak sempat belanja oleh-oleh di Orchard Road karena urusan bisnis yang sibuk, Changi bisa dijadikan alternatif yang lengkap untuk belanja oleh-oleh. Bagi yang shopoholic, keadaan ini tentu tak dapat dilewatkan begitu saja. Jejeran toko berinterior menarik, mampu menarik si penggila belanja, dan akhirnya shop till drop sebelum mencapai Orchard Road, surga belanja sebenarnya.


Satu lagi yang membuat saya salut dengan program pariwisata Singapore, di setiap sudut bandara Changi pasti tersedia brosur. Brosur-brosur yang berisi informasi tentang singapore dan tempat-tempat wisata di negeri itu dipajang sedemikian rupa agar mudah dilihat dan diambil oleh para pengunjung. Jumlahnya pun banyak, jadi tak perlu khawatir kehabisan. Belajar singkat tentang Singapore pun cukup dilakukan lewat brosur-brosur tersebut.

Segala informasi yang disajikan dalam brosur tak melulu tentang tempat wisata, ada juga yang menyajikan peta dan moda transportasi yang bisa digunakan selama berada di Singapura (Singapore). Bahkan segala tawaran menarik dari berbagai produk bisa ditemukan dalam brosur, termasuk promo berbagai mall dan toko yang terdapat di pusat perbelanjaan. Anda pun tak perlu khawatir ketemu potter bandara yang mengganggu, semuanya berjalan dengan baik dan tertib.

Tiba di bandara Soekarno-Hatta (Soetta), keadaan berbalik 180 derajat. Jangankan kenyamanan, ketenangan pun susah didapat. Terminal 1 hampir tak ubahnya dengan Pulo Gadung maupun Kampung Rambutan. Interior bangunan tak pernah menyentuh mata pengunjung setiap kali melihatnya. Segala informasi tentang berbagai tempat wisata pun hampir-hampir tidak ada.

Demikian pula dengan Terminal 2 yang khusus melayani penerbangan internasional. Di terminal kedatangan maupun keberangkatan luar negeri di bandara Soetta tersebut jangan harap bisa mendapatkan fasilitas sama seperti di Changi. Tak ada surga belanja di situ, toko-toko yang ada tampil seadanya. Saya juga tak menemukan brosur yang bisa menjelaskan tentang Jakarta pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Semuanya serba abu-abu. Setiba di luar, para calo taksi sudah menyambut dengan ramahnya walau sedikit memaksa.


Selain kedua terminal tadi, Soetta juga masih punya terminal lain, yaitu Terminal 3. Konsep Terminal 3 ini ramah lingkungan dan dekat dengan alam. Dulunya, Terminal 3 khusus dibuat untuk pemberangkatan para TKI. Kini, Terminal 3 didarati oleh penerbangan-penerbangan bertarif murah, seperti Indonesia Air Asia. Dulu Terminal 3 Soekarno Hatta Airport ditempati bersama oleh Mandala Airlines dan Indonesia Air Asia. Namun, sejak tutupnya Mandala praktis terminal ini hanya digunakan oleh Air Asia saja. Terminal 3 tak sepadat Terminal 1 dan 2. Padahal terminal 3 cukup punya potensial.

Sungguh disayangkan memang, bandara Soetta yang demikian luasnya tak memiliki kelebihan seperti yang dimiliki Changi, padahal kedua bandara memiliki potensi yang sama. Hanya saja, Changi lebih cerdas menjual pariwisata Singapore ketimbang Soetta. Ironis memang.

1 comments:

  1. Harusnya negara ini peduli
    Terimakasih informasinya saya sangat terbantu,sangat bermanpaat dan sukses selalu .
    Salam dari pengrajin Jaket Kulit broockleather Garut

    ReplyDelete