LORO JONGGRANG YANG GAGAH

.
Loro Jonggrang tak hanya cantik tapi juga gagah. Lho kok bisa? Iya, candi Loro Jonggrang atau Prambanan yang dibuat oleh Bandung Bondowoso dalam semalam atas permintaan putri Loro Jonggrang berdiri gagah hingga saat ini. Ketika berada di area candi Loro Jonggrang atau Prambanan ini Anda akan merasakan kegagahan tersebut. Namun sayang, saya tak menemukan patung Loro Jonggrang di antara seribu patung yang terdapat di komplek candi.

Menurut legendanya, Bandung Bondowoso mengutuk putri Loro Jonggrang menjadi sebuah patung, karena dianggap melanggar perjanjian. Bandung Bondowoso sebenarnya berhasil membangun candi dengan seribu patung dalam semalam seperti yang diminta Loro Jonggrang. Permintaan sang putri yang tak masuk akal itu merupakan syarat untuk bisa menikahinya. Tapi putri Loro Jonggrang tak sudi menikah dengan Bandung Bondowoso. Agar Bandung dianggap gagal, sang putri pun merekayasa waktu pagi hari. Semua penduduk kampung dia bangunin, seolah-olah pagi sudah menjelang. Dia juga menyuruh penduduk kampung membakar jerami agar jilatan api dari pembakaran jerami itu menerangi langit, sehingga seolah-olah matahari akan terbit. Namun, sang pangeran segera menyadari tipu muslihat Loro Jonggrang hingga dia mengutuk sang putri menjadi sebuah patung.

Kunjungan saya ke candi Loro Jonggrang merupakan kunjungan pertama saya. Sebelumnya saya belum pernah mampir ke candi tersebut padahal saya sudah berkali-kali ke Yogyakarta. Tapi lebih baik terlambat daripada tak pernah sama sekali.











































0 comments:

Post a Comment