KATY PERRY SAMBANGI JALAN SURABAYA

.
Beberapa waktu lalu, saya kembali berkunjung ke Jalan Surabaya di Jakarta, setelah dua tahun tak lagi menyambanginya. Gara-garanya, obsesi ngoleksi piringan hitam atau vinyl record kembali kambuh, semangat lagi ngumpulin gara-gara baca artikel di Kompas yang memuat info tentang piringan hitam yang kembali naik daun, terutama di kalangan kolektor. Maklum saja, Jalan Surabaya itu gudangnya barang-barang antik, termasuk piringan hitam (PH). Pedagang PH di sana pun lumayan banyak.

Di kalangan penggila barang antik, Jalan Surabaya memang menjadi ikon bagi mereka. Pasar barang antik di jalan itu bahkan dikenal juga di kalangan turis mancanegara. Kunjungan ke Jalan Surabaya pun menjadi agenda utama mereka. Rasanya tak sah kalau tak ke jalan itu ketika berkunjung ke Jakarta. Bagi saya, Jalan Surabaya menjadi tempat berburu rekaman-rekaman lawas yang tak lagi ada di toko-toko musik. Apalagi sekarang, jamannya musik digital, rekaman fisik lagu-lagu lama makin sulit didapat, harganya pun bisa melambung tinggi. Koleksi PH The Beatles, Yess, Koes Plus, Benyamin S., dan Dara Puspita merupakan koleksi yang paling banyak diburu oleh para kolektor PH. Harganya pun cukup fantastis, bisa sampai jutaan harganya.

Ketika saya ke Jalan Surabaya kemarin itu, saya kembali bertemu dengan pedagang PH langganan saya. Untungnya dia masih berdagang di tempat itu, senang rasanya. Dia selalu kasi harga yang murah buat saya, padahal saya tahu, album yang saya incar itu bisa mahal. Malah album PH single Madonna dihargai sama dia cuma 25 ribu. Saya cek di Ebay dan Amazon.com saja bisa ratusan Dollar karena sudah tak diproduksi lagi. Memang, cuma toko dia yang murah, kalau toko lain selalu kasi harga mahal untuk album PH yang tak terkenal sekalipun.

Oleh karena lama tak jumpa, saya banyak ngobrol dengan pedagang langganan saya itu, sebut saja namanya Bang Jan. Mulai dari soal PH hingga orang-orang yang menjadi langganan dia. Pelanggannya banyak datang dari luar negeri selain dari dalam negeri sendiri. Di kalangan kolektor PH luar itu, nama Bang Jan memang sudah tak asing lagi. Bahkan, seorang pelanggannya dari Jepang membuatkannya kaos yang bergambar foto dirinya Bang Jan. Kebetulan si Jepang itu datang, dia menanyakan PH Dara Puspita apakah sudah ada atau belum. Jawabnya belum ada, nanti akan dikabarin jika sudah ada, kata Bang Jan dalam bahasa Inggris yang terpatah-patah.

Yang buat saya kaget, ternyata banyak artis mancanegara yang sudah menyambangi tokonya, sebut saja seperti grup musik THE CARDIGANS dan beberapa grup musik lainnya. Penyanyi-penyanyi jazz pun banyak yang berkunjung ke tempat dia, apalagi kalau Festival Java Jazz sedang berlangsung di Jakarta, pasti ada saja yang berkunjung ke tempat Bang Jan. Dan semua kunjungan artis mancanegara itu tanpa diketahui oleh wartawan. Dia juga bercerita, grup musik BLUR pernah akan berkunjung ke tempatnya, sayangnya keburu bocor di kalangan wartawan, jadi batal kunjungan grup musik terkenal itu. Untuk membuktikan biar tak dianggap omdo alias omong doang, Bang Jan menunjukkan sebuah buku tulis lusuh, isinya statment para artis yang pernah bertandang ke tokonya, lengkap dengan tanda tangannya juga. Buku tulis lusuh itu semacam buku tamu, meski isinya nyampur dengan nama-nama pelanggannya yang lain, termasuk saya. Tapi kalau dijual ke kolektor, mungkin bisa laku mahal.

Terakhir, yang buat saya terbelalak, KATY PERRY pun pernah menyambanginya ketika konser di SICC Sentul setahun lalu. KATY PERRY tiba-tiba berkunjung ke tempatnya dengan tiga mobil Alphard, lengkap dengan personel-personelnya, termasuk staf officer-nya. Dan lagi-lagi, kunjungan dadakan itu tak diendus oleh wartawan. Sang KATY PERRY pun leluasa lenggang kangkung di Pasar Barang Antik, di Jalan Surabaya itu, terutama di tokonya Bang Jan. Sebagai bukti, Bang Jan menunjukkan foto-foto sang Diva ketika berkunjung ke tokonya, dan saya pun jadi percaya.


1 comments:

  1. iya The Cardigans pernah lenggangkangkung di pasar ini. Ini buktinya
    https://twitter.com/cantsaynotohope/status/236049560852635648
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151161341615428&set=a.10151161341450428.497179.12070995427&type=3&theater
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151161341685428&set=a.10151161341450428.497179.12070995427&type=3&theater

    ReplyDelete