KANGEN SATE MAK SYUKUR

.
Sudah dua tahun yang lalu (2010) saya nyicipin Sate Mak Syukur. Entah kenapa jadi pengen lagi. Sate Mak Syukur ini sangat terkenal di Padang, demikian kabar yang beredar dari mulut ke mulut hingga mampir ke telinga saya. Sate Mak Syukur berlokasi di Kota Padang Panjang, sekitar 60 kilometer utara Kota Padang. Sate Mak Syukur telah menjadi ikon bagi kota yang berada di kaki Gunung Merapi dan berhawa sejuk itu. Demikian menurut berita yang pernah saya baca beberapa waktu lalu. Gara-gara info itu, saya pun jadi berhasrat untuk mencicipi Sate Padang Mak Syukur tersebut. Namun, kesempatan mampir ke Padang tak pernah kunjung datang. Hasrat pun tinggal hasrat meski terus menghantui lidah ini.

Padahal, kalau cuma mau nyobain sate padang di Jakarta ini sangatlah gampang, karena penjual sate khas Padang sangat mudah ditemukan, baik di pinggir jalan atau kaki lima hingga rumah makan khas Padang lainnya. Hanya saja karena Sate Mak Syukur itu sudah menjadi ikon di Sumatera Barat dan terkenal di mana-mana, rasa penasaran untuk mencicipinya pun semakin menjadi-jadi, bagaimana rasanya ya? Demikian pertanyaan itu selalu bermain-main di kepala saya. Dan dua tahun lalu itu hasrat nyicipin Sate Mak Syukur pun terlaksana.

Waktu itu, pas iseng-iseng jalan ke Mall of Indonesia (MOI), saya menemukan gerai Sate Mak Syukur di sana, pas jam makan siang pula. "Pucuk dicinta ulam pun tiba", tanpa ragu dan sungkan, langsung pesan ke pelayan, seporsi sate padang Mak Syukur dan segelas es teh manis (meski yang keluar akhirnya es teh pahit, tak apalah, sudah terlanjur keluar, kasihan si pelayan kalau dikomplain). Duduk manis sambil menunggu pesanan tiba, mata saya pun menjelajahi setiap sudut gerai itu, sederhana, tak terlalu mewah, tapi kelihatan modern. Di atas meja tersaji aneka makanan ringan, kerupuk-kerupukan.


Tak lama kemudian, pesanan saya pun datang. Bagai perempuan hamil yang sedang ngidam, sate itu saya lahap setelah terlebih dahulu mencicipi kuah sate tersebut. Hmmm, benar-benar sate padang (karena beberapa sate padang yang pernah saya coba di tempat lain sudah bercampur dengan rasa Jawa dan Sunda, manis-manis tak pedas gitu). Bumbu yang meresap dalam kuah sate itu benar-benar menyatu di lidah, rasa pedas dan aroma kuah sate bercampur jadi satu, "mak nyos" seperti kata Bang Bondan di sebuah acara kuliner di televisi. Meski harganya tak bisa dibilang murah tapi bisa buat perut ini kenyang juga, syukurlah. Kini, saya ingin mencicipinya lagi, saya akan ajak si Kasyfi dan si Bunda biar mereka tahu cita rasa sate Mak Syukur, tinggal tunggu waktu yang pas saja. Mudah-mudahan cita rasanya tak berubah jadi sate khas Madura hihihi ....


0 comments:

Post a Comment